Bidang Jasa Lainnya

Home / Bidang Jasa Lainnya

 

STUDI KELAYAKAN USAHA (Feasibility Study) :

Maksud dari penyusunan studi kelayakan usaha adalah untuk memberikan gambaran prospek usaha perseroan berkaitan dengan rencana perseroan untuk mengembangkan usaha dan memanfaatkan prospek usaha yang baik. Sedangkan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan pelaksanaan penyusunan studi kelayakan usaha adalah :

  • Mengetahui prospek usaha di masa mendatang meliputi aspek teknis, potensi pasar, manajemen dan organisasi perusahaan serta keuangan sehingga kegiatan usaha yang akan dilakukan saat ini diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan perusahaan dan mampu meningkatkan pendapatan dan laba usaha.
  • Menganalisa kelayakan proyek yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan bagi pihak bank selaku kreditur sehubungan dengan rencana perseroan mengajukan pembiayaan dalam bentuk kredit investasi dan

 

PENGAWASAN PEMBIAYAAN PROYEK (Project Monitoring) :

Laporan Pengawasan pembiayaan Proyek (Project Monitoring) menggambarkan kemajuan pembiayaan proyek yang sedang dilaksanakan, sampai dengan tanggal  pengawasan pembiayaan proyek.

Ruang lingkup pengawasan adalah mengevaluasi kegiatan pelaksanaan pembiayaan proyek dan pengembangan usaha yang sedang dilaksanakan dengan cakupan sebagai berikut :

  • Tingkat realisasi fisik dan biaya proyek (Total Project Cost).
  • Pemeriksaan kesesuaian antara dokumen pembayaran/pengeluaran proyek dengan rencana anggaran biaya.
  • Kesesuaian antara perkembangan/kemajuan fisik dengan realisasi pembayaran.

Dalam melakukan pengawasan pembiayaan proyek, hal-hal yang akan dilakukan antara lain adalah :

  • Melakukan pengamatan fisik dilapangan secara langsung, untuk mengetahui perkembangan/kemajuan fisik proyek.
  • Melakukan evaluasi terhadap data-data terkait dengan pelaksanaan proyek yang diberikan oleh pemberi tugas.
  • Melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti pengeluaran proyek.

 

UNTUK PELAPORAN KEUANGAN

Menyediakan pedoman bagi penilai, akuntan, dan masyarakat berkenaan dengan standar penilaian yang berpengaruh pada akuntansi. Nilai wajar suatu aset tetap biasanya merupakan Nilai Pasar.  (SPI 101, 2015-4.1.1).

 

UNTUK TUJUAN PENJAMINAN HUTANG

Menyediakan kerangka kerja dalam melaksanakan penugasan penilaian untuk pihak pemberi jaminan seperti lembaga keuangan bank, lembaga keuangan non bank dan lainnya yang memberikan pembiayaan dengan jaminan aset tetap tertentu yang berbeda dengan kredit pembiayaan umum (tanpa agunan) bagi perorangan atau perusahaan (SPI 2015-PPI 2).

 

PENILAIAN ASET SEKTOR PUBLIK UNTUK PELAPORAN KEUANGAN

Aset sektor publik merupakan aset yang dimiliki dan atau dikuasai oleh pemerintah atau entitas kuasi pemerintah dengan tujuan untuk menyediakan barang atau jasa untuk masyarakat umum.

Penilaian sektor publik dapat dilakukan untuk berbagai keperluan termasuk pelaporan keuangan, perencanaan privatisasi, pengajuan pinjaman, pengeluaran obligasi, dan analisis ekonomi atau manfaat biaya (cost Benefit) yang dilakukan pemerintah atau entitas kuasi pemerintah baik untuk menentukan apakah aset sektor publik digunakan dan dikelola secara efisien atau dapat menentukan harga untuk kepentingan hak monopoli pemerintah (SPI 2015-PPI 3).

 

 

Butuh Bantuan?

Hubungi kami dengan mengunjungi kantor cabang terdekat kami atau masukkan inquiry secara online dengan mengklik tombol dibawah ini.

kontak

 

Whatsapp
Email